Cara Menghindari Phishing Facebook

.
Phishing adalah sebuah usaha untuk mendapatkan informasi penting seperti alamat account dan password dari seseorang dengan membuat tiruan web login. Untuk saat ini usaha phishing paling banyak dilakukan untuk mendapatkan account dan password facebook seseorang. Cara paling sering digunakan seseorang untuk melakukan phishing dan mendapatkan account dan password kamu adalah memberikan peringatan tentang pelanggaran keamanan, Peringatan bahwa kamu sudah melanggar TOS, dan membuat situs yang sama dengan situs tujuan misal facebook. 
Salah satu alasan orang untuk melakukan phishing facebook tentunya adalah uang, Bayangkan bila anda memiliki ribuan account dan password facebook/twitter aktif, tentunya password dan account tersebut akan laku dijual. Alasan lain adalah chips poker, namum phishing dengan alasan ini biasanya tidak sembarang orang. sebab bila yang di hack account facebook yang gak maen poker tentunya akan sia-sia saja. Seorang teman pernah menceritakan kepada saja bagaimana dia pernah menjadi korban phishing. Berikut adalah ceritanya.
  • Dia mendapat peringatan dari facebook tentang telah melanggar keamanan/ facebook violation melalui pesan inbox facebook
  • Di email juga akan ada peringatan yang sama, karena accountnya disetting untuk melakukan pemberitahuan via email bila ada aktifitas di facebook termasuk pesan, jadi seolah-olah pesan yang tersebut dari situs facebook resmi
  • Disediakan sebuah link untuk mengkonfirmasi dan atau menyatakan bahwa kamu tidak melakukan pelanggaran
  • Link tersebut menuju situs mirip login facebook dan kita diminta untuk login
  • Login facebook dan password kamu akan disimpan pada database orang yang melakukan phishing dan untuk mengurangi kecurigaan biasanya akan langsung redirect ke facebook resmi.
Untuk mencegah anda jadi korban phishing, berikut adalah tips yang dapat saya berikan:
  • Aplikasi di facebook tidak boleh dan tidak akan pernah meminta email dan password facebook kamu
  • Jangan percaya link yang disediakan
  • Bila diberi peringatan bahwa anda telah melakukan pelanggaran dan account anda akan ditutup/suspend jangan percaya karena facebook sangat jarang melakukan suspend account kecuali anda dikira spam, meniru orang terkenal yang sedang tren, banyak laporan dari pengguna facebook tentang anda.
  • Jangan mudah percaya sebuah link yang ada di wall kamu atau teman kamu. Sebab link adalah awal dari phishing. Bila memang kamu tertarik untuk membuka sebuah link sebaiknya copy alamat url atau link tersebut dan buka pada browser yang berbeda agar lebih aman.
Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar