Cara Untuk Menunda Kematangan Buah

.

Salah satu alternative yang diusulkan adalah penundaan kematangan buah dengan menggunakan absorban dalam plastic pengemas. Absorban menggunakan serbuk besi, arang aktif, dan KMnO4. Usulan ini didasarkan kemampuan serbuk besi untuk meyerap oksigen yang ada pada atmosfer penyimpanan sehingga respirasi buah yang dihambat dan akhirnya proses kematangan dapat ditunda.

Selain itu pendinginan dan kedap udara juga merupakan upaya untuk memperlambat laju reaksi produksi etilen dari buah. Namun teknik tersebut masih bersifat tradisional dan manual tanpa dapat mengimbangi dinamika laju etilen buah. Oleh karena itu, kadang masih menghasilkan buah yang busuk atau bahkan masih mentah ketika sampai ke konsumen.

KMnO4 atau kalium permanganate merupakan senyawa yang memiliki oksigen dan juga memiliki valuasi yang berfungsi sebagai pengikat unsure disampingnya dan merupakan salah satu fungsionalnya yang bisa berperan memecah masalah sesuatu contohnya pada pemecahan etilen. Yang berperan dimana dengan ikatan valuasinya bisa memutuskan ikatan tersebut sehingga menghasilkan perubahan. KMnO4 dapat digunakan untuk menghambat pematangan buah, karena bersifat oksidator kuat, karena daya oksidatornya kuat maka KMnO4 dapat mengoksidasi etilen. Seperti diketahui etilen adalah hormone yang merangsang atau mempercepat terjadinya pematangan buah. Etilen yang teroksidasi kehilangan kemampuan untuk mempercepat pematangan buah. KMnO4 dapat menghambat kematangan dengan cara megoksidasi ikatan rangkap etilen yang dihasilkan oleh buah dan merubahnya menjadi bentuk etilen glikol dan mangandioksida (MnO2), oleh karena itu buah menjadi terhambat proses kematangannya sehingga buah dapat disimpan lebih lama. KMnO4 yang bereaksi dengan etilen akan menghasilkan gas CO2 yang berlebih. 

Adanya konsentrasi CO2 yang berlebih pada penyimpanan dapat menghambat percepatan/kecepatan proses pematangan buah karean CO2 berkompetisi dengan etilen. KMnO4 dapat menghambat kerja etilen dan merupakan penyerap etilen yang berlebih serta efektif. Daya penghambat KMnO4 terhadap kerja etilen juga dipengaruhi oleh suhu. Semakin rendah suhunya, jika dikombinasikan dengan KMnO4 akan memberikan hasil efektif terhadap penghambatan buah yang akan matang karean pada suhu rendah enzim penggiat metabolisme juga tidak aktif (Suyatma, 2007). Reaksi KMnO4 dengan etilen sebagai berikut :
C2H4 + KMnO4 + H2O → C2H4(OH)2 + MnO2 + KOH
Secara umum walaupun konsentrasi etilen dapat menghambat namun produksi etilen dapat dihentikan seluruhnya. Hal ini desebabkan adanya etilen endigencus dari buah itu sendiri, sehingga dengan adanya penambahan penyerap etilen pun, produksi etilen akan tetap ada.

Penghambatan respirasi dapat dilakukan dengan menangkap oksigen yang ada dalam atmosfer penyimpanan oleh suatu senyawa penyerap oksigen (oksigen adsorbs). Serbuk gergaji mempunyai potensi sebagai senyawa penyerap oksigen yang ada dalam oksigen karena serbuk gergaji ini mudah teroksidasi. Serbuk gergaji sudah sering digunakan sebagai penyerap oksigen pada produk makanan kaleng, khususnya bahan makanan yang mengandung lemak. Serbuk gergaji ini akan bertindak sebagai prooksidan dan menangkap oksigen sehingga reaksi oksidasi lemak terhambat (Retno, 2001). Serbuk gergaji kayu mengandung unsure karbon yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan karbon. Sebagai bahan yang mengandung karbon dapat diproses untuk menghasilkan karbon aktif. Karbon aktif ini berasal dari dekomposisi termal lignin, selulosa, dan hemiselulosa yang telah mengalami proses aktivasi.

Definisi arang aktif  berdasarkan pada pola strukturnya adalah sesuatu bahan yang berupa karbon amorf yang sebagian besar terdiri dari karbon bebas serta memiliki permukaan dalam sehingga daya serap yang tinggi. Pada proses industry arang aktif digunakan sebagai bahan pembantu pada proses industry dalam meningkatkan kualitas atau mutu produk yang dihasilkan. Arang merupakan suatu padatan berpori yang mengandung 85-95 % karbon, dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung karbon dengan pemanasan pada suhu tinggi. Arang selain digunakan sebagi bahan bakar, juga dapat digunakan sebagai absorban (penyerap). Daya serap ditentukan oleh luas permukaan partikel dan kemampuan ini dapat menjadi lebih tinggi jika terhadap arang tersebut dilakukan aktivasi dengan bahan-bahan kimia maupun dengan pemanasan pada temperature tinggi. Dengan demikian arang akan mengalami sifat- sifat kimia dan fisika

0 komentar:

Posting Komentar