Cara Mendapatkan Iklan untuk Blog

.
Berikut ini adalah tips untuk mendapatkan iklan untuk blog, Banyak para blogger ingin blognya menghasilkan uang, meskipun tidak banyak tapi setidaknya cukuplah buat beli kopi dan jajanannya. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang melalui blog diantaranya rent space untuk iklan, ikut adsense dan sejenisnya, affiliate program dan masih banyak lagi. Namun kali ini kita hanya akan membahas untuk mendapatkan uang dari pemasangan iklan atau menyediakan sedikit tempat untuk sponsor. 
Untuk mendapatkan iklan dari sponsor tentu ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi (itu juga sedang saya usahakan sebab blog ini juga belum punya sponsor), antara lain:
  • PageRank, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa google pagerank merupakan salah satu acuan bagi para pemasang iklan terutama dari luar negeri. Semakin tinggi pagerank kamu tentunya juga akan semakin banyak yang berminat memasang iklan pada blog kamu. Oleh karena itu marilah kita perbaiki pagerank kita, Biasanya orang baru melirik sebuah blog bila pageranknya sudah 3 keatas. 
  • Alexa Rank, Salah satu acuan lain agar orang tertarik untuk pasang iklan adalah alexa rank. Ranking dari alexa utamanya berdasarkan jumlah pengunjung atau traffic suatu blog, semakin banyak pengunjung suatu blog semakin sedikit pula nilai alexanya. Jadi alexa memberikan gambaran berapa pengunjung suatu blog atau situs. tentunya dengan banyak pengunjung semakin banyak juga yang tertarik.

Bila 2 kriteria diatas telah kamu penuhi, berikut ini adalah tips untuk mendapatkan iklan yang anda inginkan:
  • Beritahukan bahwa anda menerima iklan, Buat sebuah link atau gambar yang menunjukkan bahwa anda menerima sponsor atau menyewakan tempat untuk iklan sehingga orang akan tahu bahwa mereka dapat memasang iklan pada blog atau web kamu. dan sediakan satu halaman khusus yang menjelaskan lebih rinci tentang cara untuk memasang iklan.
  • Tunjukkan data, Untuk memperkuat penawaran kamu tunjukkan data traffic atau pengunjung ke blog kamu, data ini dapat didapatkan dari google analytics.
  • Berikan informasi secara detail, berikan informasi secara detail dimana iklan dapat dipasang, ukuran iklan, bentuk iklan. Informasi ini penting agar tidak ada kesalahpahaman antara kamu dan pihak pengiklan.
Mungkin itu saja yang dapat saya jabarkan disini, Blog ini juga masih berusaha untuk mendapatkan iklan tapi proses kesana masih sangat panjang karena usia blog ini masih sangat muda. Mari jadikan iseng sebagai penghasil ongkos ngopi dan bergadang.

1 komentar:

  1. Untuk mendapatkan iklan dari sponsor itu syaratnya apa aja gan yang bisa...Mohon saran dan bimbingannya gan..Maklum newbie..

    BalasHapus